Menyajikan Standar dan Informasi seputar Pendidikan Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi di Indonesia

Rekrutmen

Perubahan alur pendidikan berkenaan dengan keterlibatan langsung Rektor melalui Dit. Pengembangan dan Pendidikan dalam pendidikan Obstetri Ginekologi, maka terjadi beberapa perubahan dalam :

1. Alur surat lamaran :

Semua lamaran baik perorangan, DepKes, Instansi TNI / Polri dikirim ke rektorat,  diteruskan ke senter pendidikan untuk seleksi dengan materi ujian TPA dan Bahasa Inggris diujikan di Universitas.

2. Integrated Combined Degree (ICD) adalah Program Magister Obstetri Ginekologi

(M.Obgin) yang dilaksanakan bersama sama Program Pendidikan Dokter Spesialis 1 Obstetri Ginekologi. Integrated dimaksudkan sebagai kegiatan yang menyatu yang berbeda dengan Double Degree sehingga bila tidak lulus SpOG tidak mendapat M.Obgin.

Rapat persiapan  Departemen /SMF Obstetri Ginekologi Fakultas Kedokteran Unair / RSUDDr. Soetomo tanggl 6 February 2010,.menyetujui 3 hal :

–       Integrated Combined Degree dilaksanakan di semester 2 dgn SKS 41-44.

–       Tesis pada akhir pendidikan PPDS, tanpa menambah biaya dan waktu pendidikan

–       Nama yang disetujui adalah Magister Obstetri Ginekologi

17 February 2010:

Telaah  proposal Pembukaan Program Studi baru Program Pendidikan Dokter Spesialis I Obstetri Ginekologi Integrated Combined Degree Fakultas Kedokteran  Universitas Airlangga di kantor Managemen Unair, oleh Direktur Pendidikan Unair dengan unsur yang terkait yang juga mengundang Ketua Kolegium Spesialis Obsteti Ginekologi Indonesia.

Monitoring

Diharapkan Komisi RMEA mempunyai

–       semua data tentang evaluasi interna yang terdiri dari kurikulum, log book dan check list administrasi / organisasi yang pernah dikirimkan November 2007 pada setiap senter pendidikan. Diharapkan berikutnya jalan pendidikan dan perkembangan yang ada dapat dilaporkan secara periodik dengan interval yang disepakati bersama, misalnya 2 kali diantara interval  akreditasi,yang pertama 2 tahun setelah akreditasi yang dilaksanakan dan yang kedua menjelang akreditasi yang berikutnya.

–       semua data tim akreditasi yang telah dilaksanakan oleh kolegium pada pertengahan 2007 sampai awal 2008

Evaluasi

Data data yang didapat dari kegiatan monitoring dipergunakan untuk :

–       penilaian sistim dan aktivitas tiap tiap institusi dalam mempertahankan dan meningkatkan pendidikan

–        perbandingan sistim dan aktivitas dari masing masing institusi untuk mencari pola terbaik yang dapat dipergunakan secara menyeluruh dan  mencari pola unggulan yang dimiliki oleh institusi tertentu, yang mungkin dapat dipergunakan sebagai acuan untuk senter lainnya.

Akreditasi

Atas dasar penilaian Tim Akreditasi Kolegium sebelumnya bahwa seluruh Institusi Pendidikan PPDS ( 13 senter ) memenuhi persaratan minimal sebagai senter pendidikan Obstetri ginekologi, dengan pola akreditasi yang dipergunakan berupa:

–       penilaian dan analisa internal masing masing Institusi

–       visitasi untuk melengkapi validasi eksternal dari konklusi penilaian dan analisa internal tersebut.

Maka sebagai tindak lanjut dari hasil kerja yang telah disampaikan tersebut Tim Komisi Akreditasi Kolegium seyogyanya tetap menggunakan kedua cara tersebut untuk langkah berikutnya dengan cara :

–       masing masing senter secara berkala melaporkan hal hal yang berkaitan dengan mutu pendidikan yang dilaksanakan serta peningkatan peningkatan yang telah dicapai serta melakukan komunikasi 2 arah untuk penjabarannya.

Menyusun rancangan kegiatan akreditasi setiap 5 tahun atas dasar data akreditasi awal yang telah dilakukan dan laporan berkala yang diterima.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: